How to Recovery Your Business

Memasuki tahun 2012, anda pasti telah mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa menjadi pemenang di tahun ini.  semua strategi dan perencanaan bisnis saat ini pasti sudah memasuki tahap implementasi untuk menciptakan growth dalam bisnis anda. Namun yang perlu kita ingat adalah, semua strategi dan perencanaan bisnis yang kita bangun harus selalu mengandung aspek kesinambungan dengan apa yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya. hal ini berarti terkait dengan bagaimana hasil evaluasi kondisi bisnis kita di tahun lalu. apakah menunjukan pertumbuhan positif? atau malah hasilnya tidak begitu mengecewakan, dalam arti tidak ada pergerakan yang berarti, atau justru hasilnya malah mengecewakan.

Ketika hasil evalusi kita menunjukan kondisi yang kurang baik bahkan cendurung buruk, dan mungkin saja sudah berlangsung beberapa periode waktu dan segala macam cara sudah dicoba, maka kebanyakan pebisnis akan memilih untuk melakukan “suntik mati” pada bisnisnya, padahal sudah begitu banyak investasi baik tenaga, modal, dan waktu yang kita sudah habiskan dalam bisnis tersebut dan itu bagi saya adalah sebuah kerugian yang sangat besar. lalu apa yang bisa kita lakukan lakukan ketika bisnis kita menghadapi situasi yng seperti itu, ada beberapa langkah yang saya rasa sangat penting dan bisa anda lakukan untuk menyelamatkan bisnis anda dari ambang kehancuran.

1. Review kembali Business Model  anda. ini waktunya anda menjawab beberapa pertanyaan penting terkait dengan business molel yang anda miliki. apakah business model yang anda kembangkan ini berjalan sesuai rencana? apakah sumber aktual sales yang datang dalam bisnis anda sesuai dengan perkiraan dalam business model anda? apakah ini waktunya anda untuk mengubah fokus dan cara anda berbisnis? perhatikan seluruh aspek yang bisa menjadi sumber pendapatan penting bagi bisnis anda dan pikirkan bagaimana caranya anda menambah dan memenfaatkan sumber pendapatan tersebut untuk kepentingan bisnis anda.

2. Jangan bergantung hanya pada deal-deal besar atau event-event. jika anda mengharapkan pendapatan dalam bisnis anda berasal dari deal-deal besar atau dari event-event yang bisa mendatangkan potensial buyer, maka sebenarnya anda sedang-membuang-buang waktu anda yang berharga untuk menghapan sesuatu yang tidak bisa memberikan kontribusi yang konsisten. Mungkin anda perlu mencari cara lain untuk meningkatkan pendapatan bisnis anda secara signifikan dengan melakukan sedikit investasi pada area-area yang bisa menghasilkan pendapatan seperti mengembangkan chanel pemasaran yang baru atau upaya meningkatkan efektifitas dari taktik marketing anda.

3. Buy back your time. ini saatnya anda untuk melakukan pembenahan pada sektor internal dengan mempersipkan crew dalam bisnis anda. anda membutuhan crew yang memiliki komitmen yang kuat untuk membantu bisnis andabertahan dan keluar dari keterpurukan.  jika memungkinkan hire orang-orang yang memiliki skill dan kemampuan serta pengalaman untuk membantu anda dalam memberikan solusi dan jalan keluar dalam pengelolaan bisnis anda. atau mungkin anda bisa menggunakan tools CRM yang bisa membantu anda menidentifikasi, merespon dan memberikan kebutuhan konsumen secara cepat.

4. Forget Fear. sebuah keputusan bisnis yang didasari oleh ketakutan seringkali membuat kuputusan itu menjadi tidak efektif dan cenderung menghalangi kita dalam menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.  lebih baik kita memanfaatkan waktu kita untuk mengembangkan produk atau jasa yang baru dari pada hanya terpaku dan meratapi kesalahan yang sudah terjadi dan mencoba membuat segala sesuatunya tampak baik-baik saja. “direct your attention to two years from now. You’ll be a step ahead of everyone who’s only focused on the short-term”.

5. Merger dan Akuisisi. salah satu jalan yang bisa anda ambil secara cepat untuk membantu bisnis anda keluar dari kehancuran adalah menerapkan strategi merger atau akuisis perusahaan anda  dengan bisnis lain. Lakukan strategi merger atau akuisis bisnis yang bisa menciptakan sinergi bagi bisnia anda dan memiliki basis pelanggan yang solid. Dengan melakukan strategi ini maka anda akan terbantu dalam melakukan penetrasi dan memperbesar market share produk/jasa anda, atau dengan kata lain perbesar bisnis anda untuk mengantisispasi perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Ingatlah selalu bahwa  bisnis yang sudah anda bangun merupakan invetasi dari separuh hidup anda, oleh sebab itu jangan pernah menyerah hanya karena anda belum menemukan jalan keluar yang terbaik bagi bisnis anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s