Bicara Bisnis di Bandara (Sesuatu yang Menarik)

Saat menulis tulisan ini saya sedang dalam perjalanan dari bandara Soekarno – Hatta menuju ke pusat kota jakarta untuk menjalankan kewajiban untuk menjadi pengamen profesional di salah satu klien profesional di jakarta. Yang menarik yang ingin saya tuliskan disini bukan masalah apa yang akan saya lakukan di ibu kota negeri  ini, namun ada hal menarik yang terjadi dalam perjalanan saya dari Surabaya menuju Jakarta yang saya habiskan 1,5 jam mulai dari di ruang tunggu hingga saya turun pesawat. Hal yang menarik itu adalah bahwa saya mendapat sebuah pembelajaran hebat dari seorang pegusaha senior (dilihat dari umurnya) saat kami sama-sama menunggu penerbangan yang sama ke jakarta.

 

Sebuah keberuntungan bagi saya dalam perjalanan kali ini bisa ilmu baru dan ingin segera saya bagikan kepada rekan-rekan saya yang lain. Sebenarnya pembicaraan kami sederhana saja, kami membicarakan berbagai hal san dalah satunya adalah bisnis. karena beliau adalah seorang entrepreneur, maka saya mencoba untk menggali berbagai pengalaman yang beliau miliki dalam mengarungi bisnisnya. Salah satu yang menarik dalam pembicaraan kami adalah terkait dengan apa yang membuat sebuah bisnis itu bisa sukses. ternyata menurut beliau 50% kesuksesan itu ditentukan oleh action yang kita lakukan, artinya 50% tersebut berasal dari aktivitas yang bisa kita kontrol, dan 50% lainnya itu berasal dari 2 hal yang tidak bisa kita kontrol yaitu “Luck/keberuntungan” dan “Timing”. keberuntungan adalah sesuatu yang sering kali kita andalkan dalam menjalani bisnis kita. kita sering kali melakukan berbagai hal untuk mengundang keberuntungan untuk bisa menghampiri kita. namun tidak da satupun yang bisa mengatur kapan dan dimana keberuntungan akn berpihak. keberuntungan itu seperti wild card yang tidak bisa kita kendalikan, namun bisa kita rasakan dampak dari kehadirannya.

 

Dalam berbisnis kita selalu di doktrin untuk bisa memilih waktu yang tepat agar apa kita lakukan bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun kita sering kali tidak bisa memastikan kapan saat yag tepat itu datang. mungkin kita telah pernah mencoba sebuah bisnis,namun kita tidak pernah mendapatkan hasil yang seperti yang kita inginkan. kita sudah mencoba berbagai cara agar bisnis yang kita geluti itu maju, namun tiba-tiba ketika ada seseorang masuk ke dalam industri bisnis kita, dan dia langsung bisa sukses apa yang ada di dalam pikiran anda? faktor timming bisa menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan dari bisnis kita. kita ambil contoh blackberry. di indonesia, smartphone ini begitu fenomenal di indonesia disebabkan bukan karena kejanggihan hardware dan software dari balckberry itu sendiri, namun lebih ditunjang oleh timming yang tepat ditengah terjadinya pergeseran dalam pemanfaatan gadget smartphone  dan HP di indonesia . Kedua faktor ini memang tidak bisa kita buktikan namun harus kita yakini keberadaanya dalam bisnis kita.

 

Hal sederhana lain yang menarik dalam pembicaraan kami saat di dalam pesawat (kebetulan kami duduk bersebelahan), adalah ketia kami membahas mengenai kebutuhan dan keinginan dalam bisnis. sering kali yang terjadi dalam bisnis adalah, kita sering mencampuradukan antara dua hal ini. padalah semestinya “kebutuhan” dan “keinginan” adalah 2 hal yang berbeda yang seharusnya perlakukannya berbeda dalam bisnis kita. Yang sering mengakibatkan munculnya inefisiensi dalam bisnis kita adalah kita sering menjadikan keinginan menjadi kebutuhan dalam bisnis kita. padahal masing-masing seharusnya mengambil dan memiliki porsi masing – masing dalam membantu mebangun bisnis kita. sebagai seorang pebisnis kita hatus berhati-hati melihat apakah sesuatu yang  ada di dean mata kita itu adalah sebuah kebutuhan atau hanya sebuh keinginan dalam bisnis kita.

 

Jakarta, 21-11-11

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s