4 Elemen agar website anda sukses dan profitable

dalam sebuah perbincangan dengan salah satu kolega saya, ” website yang sudah saya buat telah menghabiskan biaya yang cukup besar  baik dalam proses pembuatan dan maintenancenya, tapi kenapa kontribusinya sejauh ini terhadap omzet saya hampir tidak ada, jadi nyesel saya buat website, gak ada gunanya”

apakah ini juga terdengar sama dengan kondisi bisnis anda? seberapa besar website anda memberikan kontribusi bagi pengembangan omzet bisnis anda? mungkin ada memiliki website yang memiliki tingkat estetik yang baik, yang menginformasikan produk atau jasa anda, tapi anda tidak tau apa yang harus dilakukan di website anda? anda membayar orang untuk melakukan maintenance dan update atas website anda dengan dana yang tidak sedikit?

kali ini saya ingin berbagi mengenai beberapa elemen dari berbagai website yang sukses dan terbukti profitable di internet. ada sebuah joke dalam bisnis internet yang mengatakan bahwa, orang yang dapat menghasilkan uang dari internet adalah mereka yang menjual produk tentang bagaimana mendapatkan uang dari internet. sebuah website yang profitable bisa berasal dari berbagai industri, berbagai style, berbagai bentuk dan warna. terdapat beberapa hal sederhana dan relatif tanpa biaya yang bisa diterapkan oleh pebisnis secara cepat untuk meningkatkan exposure dari website mereka, mendorong peningkatan jumlah pengunjung pada website, dan yang paling penting adalah mampu mempengaruhi peningkatan omzet perusahaan.

Kenali Apa Tujuan Website Anda

sebelum adan membuat atau memngubah kembali website anda, pertimbangkan apa tujuan dari website tersebut bagi bisnis anda? website bisa dimaksudkan untuk menjual produk atau jasa secara exclusive, memberikan informasi, sebagai brosur untuk dapat menarik transaksi dan project, atau mungkin kombinasi dari beberapa tujuan. ambil contoh, jika produk yang anda jual adalah peralatan memancing, website anda mungkin akan terdiri dari artikel yang berkaitan dengan kegiatan dan antusiasme dalam memancing, tip untuk mendapatkan tangkapan ikan yang besar sekaligus sebagai tempat menjual peralatan dan kebutuhan pemancing. ini adalah contoh website dengan multi purpose didalam pembuatannya.

atau mungkin contoh lain, jika anda seorang penulis dan ingin menjual buku anda,  maka bentuk website sederhana mungkin akan sangat membantu. Dengan website yang sederhana dan mungkin hanya terdiri dari satu atau dua halaman secara keseluruhan yang akan menggambarkan produk yang akan anda jual. informasi yang mungkin tersaji di website anda adalah berupa sebuah diskripsi singkat dari buku yang anda jual dan sebuah link untuk “purchase now”. metode ini sangat sederhana dan efektif dengan memanfaatkan internet untuk menghasilkan pendapatan dari website anda

Ajak Visitor Untuk Beraksi

pernahkan anda sedang browsing di sebuah website dan melihat halam depannya dan kemudian pergi meninggalkannya karena kebingungan? hal ini mungkin disebabkan karena adanya kebiasaan untuk meletakan segala sesuatunya terkait dengan produk atau jasa di halaman depan, saya rasa itu bukan ide yang baik (hayo siapa yang kaya begitu?), itulah yang menyebakan kita akan mengelami situasi seperti yang saya gambarkan sebelumnya. kita pasti menginginkan agar visitor enjoy ketika berada di website kita dan melakukan sesuatu dengan website kita.  oleh karena itu pastikan apa yang anda ingin visitor ada lakukan di setiap halaman pada website anda. haruskan mereka sign up untuk mendapatkan newsletter? buy a product? melihat hasil kerja anda? pastikan apa yang anda lakukan jelas dan mudah dipahami serta menarik hingga visito akan betah untuk tour di website anda.

Pastikan Target Market Anda

terkadang kita berfikir bahwa produk atau jasa yang kita jual bisa digunakan oleh semua orang.ini adalah sebuah anggapan yang sering saya temui dalam pengelama saya sebagai profesional. mungkin bisa jadi semua orang membutuhkan produk atau jasa kita, namun tidak semua orang akan mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. untuk itu kita harus bisa memetakan siapa yang hendak kita targetkan dengan website kita. untuk bisa membantu silangkan jawab pertanyaan dibawah ini:

  • apakah konsumen anda laki-laku atau perempuan?
  • apakah konsumen anda memiliki tingkat pendidikan tertentu?
  • dari kelomok umur berapa target konsumen anda?
  • apa hobi dari konsumen anda?
  • apa yang menjadi ketertarikan konsumen anda?
  • apa yang mereka baca?
  • apakah mereka memiliki anak?
  • apakah mereka memiliki tingkat pendapatan tertentu?
  • apa permasalah terbesar mereka?

dengan sedikit bantuan diatas, anda akan bisa lebih jelas untuk mengidentifikasikan siaa sebenarnya target konsumen anda. dengan informasi yang anda miliki juga dapat digunakan untuk membantu anda dalam membuat perencanaan dalam advertising plan dalam upaya untuk menarik konsumen potensial untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

Dapatkan Nama Visitor Anda

salah satu tujuan dari dibuatnya website adalah mendapatkan nama dan alamat email dari setiap visitor di website kita. dalam skenario ini, seorang calom konsumen yang potensial akan meninggalkan nama dan alamat emailnya kepada anda, dan ini adalah persetujuan bagi anda untuk bisa mengirimkan mereka email yang berkaitan dengn bisnis anda, updates atau penawaran khusus yang anda miliki. mungkin anda memiliki tip dalam menggunakan produk anda yang perlu diketahui oleh konsumen anda. kenapa tidak anda membagi tip tersebut tidak hanya pada konsumen anda tapi juga kepada mereka yang sudah mengunjungi website anda.

apa yang harus anda lakukan agar seseorang yang mengunjungi website anda mau memberikan nama dan alamat email mereka? anda bisa menawarkan newsletter atau tips mingguan, free e-course, e-book atau special report. dimungkinkan juga untuk menawrkan kupon atau diskon. buat penawaran anda sesuai dengan isi dari website anda, dan visitor akan dengan senang hati berbagai informasi email dan nama mereka. hindari kesan bahwa anda akan menggunakan informasi yang mereka berikan untuk kepentingan pihak di luar anda.

dengan mengetahui nama visitor di website anda, maka data base anda akan bertambah dan saat anda mengirimkan email yang menarik , saat itulah anda sedang membangun hubungan  dengan mereka. ada sebuah quote :

“In any business, the relationship is the intangible, powerful force that creates loyal, repeat customers.”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s