5 Langkah Sederhana Untuk Melakukan Redesign Bisnis Anda

Apakah saat ini anda merasa bisnis yang anda geluti mengalami stagmasi, bahkan cenderung mengalami penurunan kinerja? segala strategi sudah coba dilakukan untuk memperbaiki keadaan namun tidak ada yang bisa sesuai dengan harapan? jika demikian maka ada 2 piliha  logis yang bisa anda lakukan dengan bisnis anda, pertama anda suntik mati bisnis anda atau yang kedua adalah anda bisa melakukan redesign atas bisnis anda. jika anda memilih pilihn yang kedua, maka ada 5 langkah sederhana yang bisa anda lakukan dalam memulai untuk me-redesign bisnis anda.

1. Tell Your Story

setiap bisnis pasti memiliki kisah yang bisa diceritakan. anda harus mampu mengemas cerita perjalanan anda dalam membangun bisnis ini dan pemahaman anda atas bisnis yang anda geluti menjadi sebuah advantage bagi anda melalui media seperti sosmed atau website dan blog. anda harus mampu menggunakannya sebagai sarana membantu brand awearness bagi produk anda di mata konsumen.

2. Focus Pada Jalur Penjualan Terbaik

Sebelumnya pasti anda memiliki lebih dari satu jalur distribusi dalam menjual produk anda, maka saat ini anda harus memfokuskan pada salah satu saja jalur distribusi yang  selama ini memberikan kontribusi paling besar dalam penjualan anda.  anda juga harus melakukan inovasi pada jalur distribusi anda tersebut agar bisa memberikan nilai lebih bagi  konsumen dan bisnis anda.

3. Melakukan Strategic Partner

Dalam bisnis apapun kita tidak akan bisa survive jika kita hanya mengandalkan diri kita saja. kita harus mampu memanfaatkan setiap kesempatan dan keuantungan yang tersedia di lingkungan bisnis kita. salah satunya adalah dengan melakukan kerjasama strategic dengan perusahaaan lain. mungkin selama ini ada sudah melakkan kerjasama dengan berbagai bisnis, namun anda belum meihat adanya manfaat yang lebih baik dari kerjasama tersebut, yang perlu anda lakukan adalah anda mengevaluasi kembali apakah konsumen anda dan partner anda sama atau tidak ? apa tujuan dari kerjasama anda selaras dengan tujuan dari partner anda? tipe kerjasama seperti apa yang anda terapkan? dll. mungkin saja ada sesuatu yang perlu diperbaiki dan menjadi masukan bagi anda untuk membangun kerjasam yang lebih baik.

4. Re-kalkukasi Real Cost Dalam Bisnis Anda

Harus kita ingat bahwa, harga mencerminkan biaya yang sebenarnya dikeluarkan. Dalam suasana kompetisi yang seperti ini, kecenderungan untuk terjadinya perang harga menjadi sangat mungkin terjadi. kita tentu tidak ingin terjebak dalam kondisi tersebut, untuk itu kita harus tau apa sebenanarnya yang diinginkan oleh konsumen anda. secara sederhana kita tau bahwa konsumen cenderung untuk membeli  barang termurah yang bisa mereka dapat, artinya jika manfaat yang bisa didapatkan sama, maka barang dengan harga termurah akan menjadi pilihan utama. Kuncinya adalah apakah anda bisa memberikan manfaat yang lebih baik pada produk anda ke konsumen, dan untuk itu anda harus men-switch cost dalam menghasilkan produk anda menjadi cost yang bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen anda.

5. Merubah Budaya Dalam Bisnis Anda

Jika selama ini anda cenderung hanya mengandalkan kemampuan diri anda dalam menjalankan bisnis anda, mungki sudah saatnya anda merubah mindset tersebut dengan mengajak mereka yang juga terlibat secara langsung atau tidak langsung untuk berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis anda. Jika selama ini bisnis anda dikelola dengan kultur manajemen entreprenuer, maka saatnya anda untuk merubahnya manjadibudaya  manajemen profesional dengan memulali untuk melakukan pendelegasian melalui departemenisasi dalam bisnis anda. bangun budaya keterbukaan dalam bisnis anda agar semua pihak yang berada di dalam bisnis anda bisa memahami kondisi bisnis anda, dan itu bisa menjadi alat motivasi bagi mereka untuk  berkontribusi lebih pada bisnis anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s