COMPETITIVE ADVANTAGE IN YOUR BUSINESS

Jika kita membaca berbagai literatur yang membahas mengenai berbagai cara
pandangan dari para investor besar dunia dalam memilih investasi mereka, kita
bisa menemukan adanya sebuah kesamaan yang mendasar yang dari setiap pilihan
investari yang dilakukan oleh para investor dunia tersebut. Apa hal pertama
yang ada didalam daftar para investor dalam menilai sebuat bisnis yang akan
mereka investasikan? Jawabannya adalah “Sustainlable Competitive Advantage”.
Ketika para investor meletakan hal ini dalam daftar meraka, maka anda juga perlu
melakukan hal yang sama untuk memasukan hal tersebut dalam prioritas bisnis
anda.

Kita sering mendengar tentang competitive advantage dalam berbagai kesempatan,
namun seringkali yang terjadi pada akhirnya adalah kesalahpahaman atas konsep
competitive advantage itu sendiri. Jika anda berfikir untuk mengetahui apa itu
competitive advantage dan apa yang akan anda lakukan dengannya, serta apa
sebenarnya competitive advantage? dan Jika ada seorang investor yang akan
mengevaluasi bisnis anda, apakah dia akan bisa mengetahui apa yang dia cari?
Anda harus mempertimbangkan hal tersebut.

TANTANGAN 30 DETIK COMPETITIVE ADVANTAGE

Ada sebuah jurus yang sederhana namun cukup ampuh yang biasanya saya gunakan
untuk bisa mengetahuai apakah pebisnis memahami dan mengetahui competitive
advantage dari bisnisnya. Saya akan mengajukan pertanyaan dan harus dijawab
dalam waktu 30 detik. Pertanyaan itu adalah “tolong anda jelaskan mengenai
bisnis anda, dan hal terbaik apa yang dimiliki oleh bisnis anda?”

Dapatkan anda menjawab pertanyaan saya diatas dalam waktu kurang dari 30 detik
dengan ringkas dan jelas, jika iya maka anda sudah menemukan apa yang investor
cari dalam bisnis anda . Namun jika tidak, anda tidak perlu khawatir, hal
tersebut tidak akan mempengaruhi kondsi bisnis anda. Kebanyakan pebisnis yang
saya temui juga mengalami kesulitan dalam mencoba menjelaskan tentang hal
terbaik apa yang dimiliki oleh perusahaan mereka. Sejujurnya, pertanyaan
tersebut mungkin terdengar sangat sederhana namun sulit untuk dijawab. Anda
harus mampu mengarahkan fokus anda lebih dari sekedar merasa nyaman dalam
menjawab pertanyaan tersebut. Pada akhirnya memang anda harus mampu menjelaskan
competitive advantage yang ada pada bisnis anda dengan percaya diri yang tinggi.

APA ITU COMPETITIVE ADVANTAGE

Competitive advantage bukanlah daftar kekuatan dalam bisnis anda, atau bagaimana
cara anda memanfaatkan kekuatan dalam bisnis anda. Jika daftar competitive
advantage anda berisikan kekuatan yang ada didalam bisnis anda, maka itu buka
“competitive” advantage. Kata kuncinya adalah competitive. Jika anda tidak
memiliki competitive advantage yang lebih dari sekedar kekuatan dalam bisnis
anda, maka anda tidak siap untuk bersaing, anda hanya mampu untuk exist.

Seringkali ketika seorang pebisnis mencoba untuk membuat sebuah daftar
competitive advantage dalam perusahaannya, maka berikut ini yang sering ada
dalam daftar tersebut :
•Reputasi perusahaan yang baik di mata publik
•Staff dengan skill yang bagus
•Kerjasama team yang solid dan pimimpin yang tangguh
•Knowledgeable/berpengetahuan tinggi
•Daftar klien yang panjang dan loyal
•Fleksibel dan responsif
•Etc

Mungkin anda sering mendengar kata-kata ini sebelumnya, apakah ini yang disebut
competitive advantage? Bagi saya ini tidak lebih dari sebuah daftar kekuatan
yang dimiliki oleh perusahaan anda. Competitve advantage adalah sesuatu yang
dimiliki oleh perusahaan anda yang membuat anda menjadi unik dibandingkan
dengan yang lain. Jika kita lihat lagi pada daftar diatas, maka kita tidak akan
menemukan sesuatu yang unik. Pada dasarnya semua pebisnis saat ini ingin
mencapai sebuah level yang digambarkan dalam daftar tersebut untuk bisa bertahan
dalam dunia bisnis.

Bayangkan bahwa competitive advantage itu adalah DNA dalam organisasi bisnis
anda yang terdiri dari gen atau asset yang membuat anda unik. Ketika DNA anda
berjalan normal, maka anda akan merasa sehat, fit, dan sukses. Sebaliknya jika
terjadi kompromi dalam DNA anda, maka akan muncul perasaan tidak nyaman, lambat,
dan mengeluarkan energy yang lebih dari yng seharusnya. Competitive Advantage
adalah sesuatu yang anda lakukan, perusahaan anda lakukan, departemen anda
lakukan lebih baik dari orang lain.

Sementara term dari sustainable ini berarti kemampuan anda untuk mempertahankan
competitive advantage yang anda miliki untuk waktu yang lama. Dan benar, anda
bisa memiliki lebih dri satu competitive advantage dan atau menciptakan serta
mengembangkan competitive advantege dalam bisnis anda, namun anda tidak perlu
harus memiliki dan menjalankan semuanya. Jalan termudah untuk mengetahui
competitive advantage yang anda miliki adalah dengan menjawab dua pertanyaan
berikut ini :
1.Hal terbaik apa yang bisa perusahan saya lakukan di pasar?
2.Kenapa?

Dengan menjawab kedua pertanyaan ini, mungkin anda akan menemukan jawaban atas
competitive advantage yang anda miliki seperti :

•Masuk dalam 10 besar perusahaan dengan tingkat pertumbuhan terbaik tahun 2008,
2009,2010.
•Satu-satunya produk kosmetik Lokal yang mampu menembuh pasar kosmetik Eropa
•Menjadi salah satu UKM yang berhasil untuk go public di pasar modal indonesia

Hanya satu kata, wow….bukankan ini lebih dari sekedar reputasi atau skill yang
dimiliki oleh perusahaan kita? Inilah saatnya anda untuk melakukan transisi
untuk mencari tau dan memahami apa sebenanya competitive advantage yang anda
miliki dalam perusahaan anda.

Ada beberapa contoh jawaban dari beberapa pebisnis yang telah menjawan
pertanyaan “hal terbaik apa yang dimiliki oleh bisnis anda?” :

•Sandy seorang interior designer menjelaskan bahwa dirinya mampu meningkatkan
sales ratio dari developer rata-rata 35% dan menjadikan team designernya
pilihaan utama dari 10 developer terkemuka di indonesia.

•Seorang pengusaha baju bernama Henky menjelaskan bahwa baju yang diproduksinya
adalah yang paling diminati di pasar, dan itu terbukti produknya selalu habis
terjual di berbagai gerai pakaian.

FORMULA UNTUK MENGETAHUI COMPETITIVE ADVANTAGE

Ada sebuah formula sederhan yang bisa digunakan untuk menyatakan dan menjelaskan
dimana hal terbaik yang bisa perusahaan anda lakukan.

“Nama Bisnis Anda + apa yang terbaik dari bisnis anda + Kenapa”

Contoh :
Honda … yang terbaik untuk mengembangkan mesin presisi dan Kendaraan
transportasi … karena produknya adalah pemimpin dalam kehandalan dan kemajuan
teknologi.

Google….adalah mesin percari terbaik dan optimal untuk segala tipe
infomasi….karena secara melakukan inovasi secara berkelanjutan dan terus
mendorong teknologi untuk bisa melewati batas pemikiran yang mungkin saat ini.

Sekarang giliran anda :
Perusahaan saya______, terbaik dalam_______karena_______.

Jika anda sudah menemukan apa competitive advantage dengan dengan menggunakan
formula diatas di dalam bisnis anda, maka anda dapat menggunakannya untuk
menentukan :

•Mana kesempatan yang harus dikejar dan mana yang harus dilewatkan saja
•Dimana sumberdaya harus dialokasikan dan bagian mana yang harus di buang
•Bagaiman melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik
dan lebih baik lagi
•kapan kita harus melakukan outsource dan kapan kita harus melakukannya sendiri

Anda dapat mengelola bisnis anda tanpa harus memahai mengenai competitive
advantage yang anda miliki,namun semua itu tidak akan memberiakn nilai lebih
dalam bisnis anda, kenapa? Sebab misi, visi dan tujuan bisa saja berubah seiring
dengan waktu, namun competitive advantage , ketika anda bisa mengidentifikasinya
maka dia akan tumbuh semakin kuat. Beberapa elemen dalam bisnis anda mungkin
saja bisa berubah, namun hal yang membuat bisnis anda menjadi unik akan selalu
bersifat konstan dalam bisnis anda.

Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar, mereka memiliki pemahaman yang mendalam
mengenai aspek competitive advantage di dalam perusahaan mereka. Apa yang mereka
lakukan adalan terus mengembangkan dan menjaga DNA dalam bisnis mereka. Anda
tidak harus masuk dalam sebuah daftar perusahaan terbaik untuk membuktikan
kemampuan dan efektifitas di daam bisnis anda. Jalankan bisnis anda dengan
mendasari pada competitive advantage yang anda miliki adalah hal terbaik yang
bisa dilakukan oleh seorang pemimpin maupun pemilik perusahaan, dan ini menjadi
penting ketika anda ingin mengajak investor untuk bergabung bersama bisnis anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s