Siapa Pelanggan Anda ?

Taukan anda….apa perbedaan pelanggan anda 5-10 tahun lalu dengan pelanggan anda yang ada saat ini? sebagai seorang pebisnis kita sadar betul akan arti penting pelanggan-pelanggan kita bagi bisnis kita. Namun bagaimana mungkin kita ingin memberika value lebih kepada pelanggan kita tanpa mengetahui apa sih sebenarnya karakteristik pelanggan kita saat ini. sedikitnya ada 5 karakteristik yang bisa kiita identifikasi pada pelanggan kita saat ini :

  1. Intelligen

Dengan adanya kemajuan teknologi, yang memungkinkan siapa saja termasuk pelanggan kita untuk bisa mengakses informasi terkini tentang apapun termasuk mengakse informasi tentang kebutuhan mereka, sehinggan jangan kaget jika kita menemui pelangga yang mungkin memiliki pengetahuan yang luas tentang produk atau service yang kita tawarkan.

 

2.  Empower

Saat ini pelanggan kita semakin memilik kekuatan yang akan mempengaruhi pergerakan akitivitas bisnis kita. ambil contoh…pada bisnis pertelevisian, berbagai acara pe<span> </span>ncarian bakat yang sedang menjamur seperti IMB, Indonesia Idol, etc….keputusan untuk menang atau kalah, tidak lagi berada di di tangn juri, tetapi berada di tengan para pemirsa setia acara tersebut melalui SMS. itu adalah bukti semakin besarnya power pelanggan kita yang bisa mempengaruhi keputusan dalam bisnis kita.

 

3.  Skeptik

pelanggan kita saat ini mereka tidak akan dengan mudah mempercayai berbagai macam promosi yang kita tujukan ke pada mereka, mereka lebih percaya atas bukti2 yang berasal dari lingkungan sosial mereka sendiri untuk menilai sebuah produk atau jasa.

 

4.  Connected

Pelanggan kita saat ini dengan kecanggihan teknologi dapat saling berhungungan dengan sangat mudah, opini dari seseorang bisa dengan sekejap mata merubah keputusan yang akan diambilnya. saya punya pengalaman, ketika berada di sebuah toko komputer di mall elektronik terbesar di surabaya, secara tidak sengaja saya mendengar pembicaraan yang dilakukn oleh orang disamping saya, yang bertanya untuk meminta advise kepada temannya mengenai sebuah barang elektronik…bahkan borang yang mau dia beli itu dia foto dan dikimlkan via MMS ke temannya agar temannya itu bisa mengenali dan memberikan advise yang terbaik.

 

5.  Time Press

Pelanggan saat ini semakin memiliki waktu yang semakin sempit untuk bisa bertransaksi, sehinggan seringkali proses transaksi konvensional saat ini menjadi lebih pendek dan cenderung di bypass oleh konsumen dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. salah satu contoh sederhana saat ini adalah semakin banyaknya konsumen yang melakukan transaksi melalu online store di indonesia, pertumbuhan pertahun konsumen online store mencapai lebih dari 20% menunjukan bahwa transaksi saat ini memiki speed yang semakin cepat dikarenakan aktivitas yang dilakukan oleh konsumen semakin padat.

 

6. Indivudualistik

Pelanggan saati ini cenderung untuk memilih suatu barang yang menyesuiakan dengan keinginannya. mereka cenderung memilih suatu produk yang bisa memuaskan hasrat pribadinya, tanpa terlalu banyak mempertimbangkan hal yang lain. contohnya adalah, semakin banyaknya saat ini jasa perawatan tubuh dan wajah yang menawarkan service product yang sangat variatif dengan berbagai teknik, alat, dan ramuan/formula khusus yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya, bahkan di beberapa tempat perawatan, teknik mix dari produk juga sering kali dilakukan atas permintaan pelanggan.

 

Itulah beberapa karakteristik pelanggan yang bisa kita identifikasi saat ini. sekarang waktunya anda untuk lebih mengenal karakteristik pelanggan anda, dan berikan meraka value yang lebih agar mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal kepa produk/service anda di masa yang akan datang. Sukses Untuk Bisnis Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s