Low Budger-High Impact (Marketing Plan)

Salah satu rahasia dibalik terciptanya sebuah marketing plan yang high-impact adalah dengan mengoptimalkan keterbatasan budget yang anda miliki. Melakukan iklan di berbagai media (koran, radio, televisi), membuat brosur yang mengkilat, melakukan modifikasi pada website, seringkali membuat budget anda semakin terkikis dan membuat marketing plan anda menjadi tidak terarah. Anda harus mampu menggunakan budget marketing anda yang terbatas untuk membawa pesan yang ingin anda sampaikan pada konsumen anda secara countinue, dan melihat bagaimana dampaknya pada tingkat pertumbuhan penjualan anda. Pemanfaatan teknik marketing yang low budget dalam marketing plan anda, khususnya bagi pengusaha kecil saat ini bukan tanpa alasan. terdapat beberapa pertimbangan mengapa hal tersebut perlu dilakukan :

  • Penggunaan iklan yang mahal tidak otomatis terkorelasi dengan peningkatan penjualan yang besar. Banyak faktor yang membuat iklan dapat mempengaruhi penjualan diluar masalah mahalnya media yang digunakan. Pertimbangan utaman dalam beriklan adalah memastikan bahwa setiap dana yang dikeluarkan harus mampu menghasilkan penjualan.
  • Menurut sebuah penelitian, seorang konsumen membutuhkan setidaknya 7x untuk mendengar pesan marketing anda agar bisa mempengaruhi keputusannya untuk membeli. Menggunakan strategi marketing diluar budget yang anda miliki tidak akan menjamin bahwa anda akan mampu mengulang pesan marketing anda kepada mereka untuk bisa menghasilkan pengaruh bagi mereka.
  • salah satu cara untuk meningkatkan dampak marketing adalah dengan menggunakan strategi multiple channel marketing. Calon konsumen biasanya akan lebih mengenal anda jika dia dapat menjumpai anda dengan berbagai cara (membaca tentang anda dikoran, menemukan anda di berbagai event, brosur yang dibawa pulang, mengunjungi website anda,etc). Hal ini tentunya jika anda lakukan akan melebarkan budget marketing anda dalam menggunakan strategi multiple channel marketing dalam menghasilkan dampak yang maksimal terdapat pesan dalam iklan anda.

sebagai perusahaan kecil, problem klasik yang selalu kita hadapi adalah terkait dengan keterbatasan dana yang membuat strategi marketing kita mengalami perampingan dari apa yang seharusnya bisa kita lakukan. Untuk itu kita harus pandai-pandai dalam memlih strategi marketing yan bisa memberikan dampak yang signifikan pada penjualan kita. ada beberapa strategi yang bisa dibilang low budget namun mampu memberikan high impact bagi marketing plan anda.

MANFAATKAN PROGRAM PROMOSI PIHAK LAIN

Anda bisa memanfaatkan Marketing Plan dari pihak lain yang mungkin anda nilai memiliki karakteristik konsumen yang sama namun memiliki budget yang lebih dibandingkan dengan anda, sehingga anda dapat menghemat waktu dan modal anda.  misalnya, dengan memanfaatkan pertumbuhan perusahan retail besar seperti carrefour, giant, hypermart, etc, jika target konsumen yang anda bidik masuk juga dalam target market mereka mungkin anda bisa memanfaatkannya dengan bekerjasama dengan membuka outlet di seputaran mereka. Perusahaan retail sekelas ini biasanya memiliki budget marketing yang cukup besar dan biasanya meraka sangat memperhitungkan secara cermat aspek demografis dan cost analisis dalam setiap pembukaan toko baru. Dengan memanfaatkan program-program marketing yang dimiliki mereka untuk menarik konsumen ke arah mereka dan sekaligus ke arah anda, dengan begitu anda bisa mendapat keuntungan dari marketing plan mereka.

TENTUKAN TARGET YANG TEPAT

Salah satu bagian yang penting dalam sebuah marketing plan adalah menentukan konsumen yang tepat. Agar marketing plan kita dapat memberikan dampak yang besar namun dengan biaya yang ringan, anda harus mampu menentukan dan membidik konsumen yang gampang untuk diidentifikasi dan mudah untuk diraih.  Lupakan Mass Market, mulailah untuk fokus menggarap pasar yang lebih spesifik. Misalnya, jika target market dari produk anda adalah wanita, maka akan menjadi tidak efektif kalo anda mencoba untuk mendekati seluruh wanita jika anda memiliki sumber daya yang terbatas. Agar bisa efektif, anda harus mampu mengklasifikasinya karakteristik wanita yang seperti apa yang masuk dalam segmen market anda? dimana biasanya mereka berada ? serta bagaimana anda akan mendekati meraka?.

JADIKAN DIRI ANDA BERITA YANG POSITIF

Dengan menjadi diri anda sebagai sumber berita di media yang tepat, akan bisa membantu anda untuk menyampaikan pesan marketing anda secara lebih murah. Hanya da 2 hal yang bisa membuat anda menjadi sumber berita, yang pertama adalah keberhasilan yang anda raih, dan yang kedua adalah karena anda berbeda. Dari pilihan itu mungkin pilihan ke dua adalah yang paling masuk akal untuk bisa kita gunakan jika kita terhitung masih baru dalam bisnis. Untuk bisa berbeda, maka kita harus unik dalam berbagai aspek  dengan membangun competitive advantage yang dimiliki oleh bisnis kita dan kita juga harus mampu mendrivenya untuk bisa dijadikan komoditas berita yang bisa membantu marketing plan kita.

KEMUNGKINAN JOINT VENTURE

Potensi untuk melakukan joint venture bagi perusahaan skla kecil dan menengah terlau sulit untuk tidak diperhitungkan. beraliansi dengan sekelompok usaha kecil atau perusahaan yang besar akan menempa kemampuan anda dalam menghasilkan sebuah marketing plan efektif untuk bisa mendatangkan uang untuk mendanani marketing plan anda secara maksimal. Dengan melakukan join venture, anda akan mampu mengurangi biaya, memudahkan anda untuk masuk ke pasar yang baru dan memanfaatkan dan menciptakan jalur distribusi yang potensial.

JADILAH REFERENSI

Salah satu metode yang efektif untuk menjanjaring pelanggan baru adalah melalui rekomendasi dari pelanggan anda yang puas tentang bisnis anda. Informasi yang disampaikan oleh pelanggan anda yang puas kepada pihak lain tentang bisnis anda itu jauh lebih efektif dibandingkan dengan kampanye iklan yang mahal sekalipun. luangkan waktu anda untuk bisa membangun kepuasandan loyalitas dari konsumen anda agar bisnis anda bisa mereka jadikan referensi di lingkungan mereka.

Masih banyak lagi taktik dan strategi yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan kecil untuk bisa mendapatkan high impact dari marketing plan mereka dengan bisaya yang murah. kesuksesan sebuah program marketing tergantung pada kreativitas yang kita miliki, bukan pada seberapa besar dana yang kita miliki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s