How to eat an elephant ? ==> be extraordinary

Perhatikan lingkungan rumah anda. Di sekitar RT/RW anda, saya yakin ada beberapa toko atau bisnis yang terlihat sepi, tidak booming, tapi sudah berjalan cukup lama dan sampai sekarang masih bertahan. Mungkin bisnis ini bisa berupa toko roti, warung rokok, restoran, bengkel, dan sebagainya. Saya yakin, anda pasti pernah berpikir, “Koq bisnis (warung / bengkel / restoran / bakery) yang biasa-biasa aja bisa bertahan, ya?”

Sekarang perhatikan lingkungan bisnis anda. Saya yakin ada kolega anda di lingkungan bisnis atau komunitas bisnis yang performance-nya biasa-biasa saja, tetapi tetap bertahan usahanya. Berapa sering anda bertanya dalam hati, “Koq si Anu masih bisa bertahan di bisnisnya ini padahal pertumbuhannya sangat biasa-biasa saja, ya?”

Kedua contoh di atas adalah contoh kasus hal-hal yang sifatnya biasa, ordinary. apakah bisnis anda juga masuk dalam kawasan “ordinary” yang kita bicarakan, ataukah anda sudah berusaha tapi belum bisa  merubah hal-hal yang ordinary menjadi sesuatu yang extraordinary? saya yakin sebahagian pebisnis pasti akan mengalami dan merasakan perasaan seperti ini, so apa yang bisa kita lakukan? saya ada saran yang mungkin bisa membantu bisnis anda untuk bisa menciptakan sesuatu yang extraordinary dalam bisnis anda dan menunjukan kepada anda “How to eat an elephant” dalam bisnis anda.

1. Ask other in the business or closer

banyak-banyak bertanya dan belajar dari lingkungan bisnis anda maupun lingkungan keluarga anda. lingkungan adalah referensi yang paling besar dalam mempengaruhi kondisi bisnis maupun keputusan yang akan kita ambil dalam bisnis kita. cobalah untuk bisa lebih sensitif dan belajar dengan terus bertanya pada  lingkungan bisnis anda.

2.  Upskill yourself & your management team

tingkatkan kemampuan dan skill anda beserta team anda melalui training, seminar, workshop,etc. Pilihlah yang bisa menunjang performance anda dan team anda dalam mengembangkan perusahaan.

3. Make use of free resources

manfaatkan semaksimal mungkin sumberdaya yang free di lingkungan bisnis anda, baik itu bersifat online maupun offline. sumberdaya ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjang bisnis anda ataupun sebagai referensi dalam meningkatkan kemampuan anda dalam berbisnis.

4. Bring in The Expert

jangan pernah ragu untuk mengunakan kemampuan mereka yang lebih profesional untuk bergabung dalam bisnis anda atau mungkin membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda. mereka yang memiliki kemampuan profesional akan banyak memberikan ide-ide segar yang mungkin selama ini tidak kita pikirkan dalam bisnis kita, dan itu akan membantu kita melihat segala sesuatunya lebih jelas. Kemudian bangunlah jaringan dengan para profesional yang mungkin bisa membantu dalam bisnis anda kelak.

 

Itulah beberapa saran saya agar anda siap untuk bisa melangkan lebih maju dan menjadi bisnis anda tidak hanya menjadi bisnis yang ordinary, tetapi menjadi bisnis yang “Extraordinary”. Selamat Mencoba!!!!!

 

Firdaus Indrajaya Tuharea

http://www.sbc-consulting.co.cc

http://www.firdausindrajaya.co.cc

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s