Formula Untuk Membangun Brand Anda

Dalam berbagai literatur pemasarann, brand didefinisikan sebagai nama, istilah, tanda, simbol atau design, atau kombinasi dari beberapa elemen yang ditujukan sebagai identitas sebuah produk atau jasa yang dijual dan membedakannya dari produk atau jasa yang lainnya. dari definis ini jelas dapat kita simpulkan bahwa, branding bukanlah masalah membuat target market anda lebih memilih anda dibandingkan dengan kompetitor, namun bagaimana anda bisa membuat mereka melihat anda sebagai jalan keluar atas permasalahan mereka.

apa sebenarnya tujuan dari sebuah brand yang ingin dicapai? ada beberapa tujuan yang bisa kita identifikasikan dari sebuah brand, antara lain :

1. Menggambarkan pesan yang ingin disampaikan secara jelas
2. Menunjukan kredibilitas anda
3. terhubung secara emosional dengan target konsumen anda
4. menjadi alat motivasi untuk membeli
5. alat untuk membangun loyalitas.

untuk bisa menjadikan brand anda sukses, anda harus bisa memahami kebutuhan dan keinginan dari calon konsumen anda. anda dapat melakukannya dengan cara anda mengintegrasikan strategi branding yang ada di dalam perusahaan dengan setiap kegiatan atau aktivitas yang melibatkan calom konsumen anda, dan target utamanya adalah menjadikan brand anda selalu berada di hati dan pikiran konsumen, klien, dan prospektor. Hal ini bisa terjadi tergantung pada kemampuan anda menjadi bagian dari persepsi dan pengalaman mereka yang mampu anda pengaruhi.

sebuah brand brand yang kuat memiliki nilai lebih dalam memperebutkan hati dari konsumen day by day. sangat penting bagi kita untuk lebih meluangkan waktu untuk meneliti, memahami, dan membangun brand anda sendiri. karena pada dasarnya, brand anda adalah sesuatu yang anda janjikan pada konsumen anda. Hal ini adalah bagian yang paling fundamental dalam marketing comunication dan anda tidak mungkin tidak memiliki hal tersebut.

Dalam membangun sebuah brand, setidaknya kita harus memperhatikan 3 formula dasar yang menjadi fundamental dalam membangun brand anda. formula sederhana tersebut adalah : “Product + Expert + Promise = Brand”

PRODUCT

tidaklah cukup ketika kita membuat sebuah produk dan kita mengasumsikanya menjadi basis dari brand yang akan kita bangun. jangan pernah berfikir untuk bisa menghasilkan produk atau jasa yang dapat menjual dengan sendirinya, atau dengan mudah perusahaan anda akan menjualnya. Yang harus anda pertimbangkan dalam menghasilkan sebuah produk adalah, apa yang membuat produk tersebut berbeda dengan yang lain, apakah produk/jasa ini cukup tangguh untuk dipasarkan, apakah produk tersebut dapat membangkitkan hasrat dan pleasure bagi mereka yang menggunakannya, dan yang paling penting adalah bagaimana membuat orang membicarakan tentang produk anda? sebagai pebisnis yang masuk dalam kategori perusahaan baru, anda masih belum mampu secara financial memanfaatkan media advertising secara maksimal, sehingga word-of-mouth masih menjadi strategi utama yang anda andalkan.

EXPERT

ketika anda berfikir bahwa anda telah mencitakan sesuatu yang akan merubah lingkungan bisnis anda, maka selamat anda telah menjadi seorang expert dari ciptaan anda, karena anda mampu dalam memahami kondisi lingkungan yang mendukung munculnya produk/jasa yang anda hasilkan, bagaimana dia bisa menyelesaikan masalah dari mereka yang membeli produk atau jasa anda, dan bagaimana produk atau jasa anda dapat mempengaruhi lingkungan di sekitar bisnis anda. anda harus bisa menemukan sebuah gagasan yang mampu mempengaruhi perspektif dari konsemen anda dan membuat mereka merasa bahwa mereka sangat membutuhkan produk atau jasa anda. hal ini memang tidak mudah, anda harus memulainya dengan mengumpulan data-data statistik dari market yang anda targetkan, mulai mengetahui dan memahami apa yang dilakukan oleh kompetitor anda, membaca berita di media untuk bisa mengetahui perkembangan terbaru di pasar dan dimana posisi bisnis anda/brand anda sekarang. seseorang yang expert mampu melihat peluang dan tau bagaimana mencapainnya dalam kondisi pasar saat ini. anda harus mampu menjadi seorang pemimpin yang cerdas bagi industri anda sendiri.

PROMISE

pikirkan brand-brand yang anda sukai, mungkin McDonald’s, BMW, APPLE, etc. pikirkan apa yang dijanjikan oleh mereka pada anda ? apakah mereka memenuhi janji tersebut? setiap waktu? dan tentu saja jawabanya adalah “iya”, apapun itu entah sebuah mesih yang hebat, makanan yang dapat diandalkan, atau kualitas service dan inovasi terbaik, mereka telah menjanjikan hal tersebut pada setiap konsumen mereka dan mereka mampu membuktikan hal tersebut dari waktu ke waktu tanpa ada alasan apapun. itulah seharusnya cara anda untuk membangun kepercayaan dan fondasi bagi brand anda.

untuk bisa menemukan apa kira-kira yang bisa anda janjikan dari brand anda, anda perlu menggali lebih dalam lagi untuk mampu menjawab 3 pertanyaan : kenapa anda membuat produk atau jasa anda ? dapatkan anda mengirimkannya setiap waktu dan 100% tepat tanpa harus banyak bertanya? bagaimana anda bisa membuat konsumen adan merasa lebih baik setiap harinya? ingat bahwa Ray Kroc tidak bermaksud membangun McDonal untuk menjadi penghasil burger terbaik, tapi dia menginginkanya menjadi sebuah restoran burger yang dapat diandalkan di seluruh dunia. BMW tidak menghasilkan mobil murah, mobil trendi, atau bahkan mobil keluarga, tapi mereka menjanjikan kualiatas mesin yang terbaik. itu yang dijanjikan oleh para engineering di BMW setiap harinya pada anda. mereka mampu membuat hidup konsumen mereka lebih baik ketika mereka mengendarai BMW dan merasakan performance dari mesih yang dihasilkan dari kejeniusan para pembuatnya. Itu yang membuat konsumen mereka selalu akan kembali, dan ketika anda mampu menciptakan repeat customer, maka anda sudah memiliki Brand.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s