Hindari Perang Harga, Tingkatkan Loyalitas Konsumen…..”That’s How You Business Will Grow”

Dalam perjalanan membangun sebuah bisnis, kompetisi adalah salah satu hal yang tidak bisa kita hindari. tidak bisa dipungkiri bahwa kompetisi bisa membawa 2 sisi yang berbeda pada perkembangan bisnis kita, tergantung pada cara kita menjalani kompetisi itu sendiri. kompetisi dapat membuat kita semakin kuat dan dewasa dalam mengambil langkah-langkah bisnis yang strategis, atau kompetisi bisa membuat bisnis terjebak dalam sebuah lingkaran setan yang berujung pada kehancuran karena kita sudah kehabisan tenaga untuk melawan kompetitor yang ada.

Pilihan selalu ada di tangan kita, kecerdasan dalam berkompetisi harus menjadi pedoman bagi para para pebisnis khususnya yang masih dalam kelompok usaha Small and Medium Business alias UKM jika tidak ingin terjerumus dalam lingkaran setan yang hanya akan berujung pada kehancuran bisnis anda. Kita sering mendengar, mungkin dari beberapa kawan bisnis kita yang pernah mengalami kegagalan dalam bisnisnya selalu menyertakan faktor kompetisis sebagai salah satu penyebabnya. Semakin tingginya tingkat kompetisi bisnis saat ini harus mampu menyadarkan para pebisnis bahwa Keterbatasan yang dimiliki oleh sektor bisnis seperti UKM memaksa para pemilik untuk pandai-pandai dalam mengambil langkah dan mempersiapkan perencanan yang lebih matang. menjalani bisnis seperti air mengalir bukan lagi pilihan yang tepat dalam kondisi kompetisi seperti saat ini.

Salah satu lingkaran yang menjadi jebakan dalam kompetisi di dunia bisnis adalah “Price War”. Seringkali hal ini tidak bisa kita hindari ketika kita memutuskan untuk masuk kedalam dunia bisnis. Namun sebagai seorang entrepreneur, kita sadar bahwa kita masih memiliki pilihan apakah kita akan terjebak dalam lingkaran price war di dalam bisnis kita atau kita akan mengambil langkah-langkah yang lebih inovatif untuk mengembangkan bisnis kita tanpa terjebak dalam lingkaran setan pada kompetisi harga / price war. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh pengusaha sektor UKM, maka akan sangat sulit untuk bisa bertahan atau mungkin menang jika kita masih ada dalam jebakan kompetisi harga. untuk itu ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk  agar bisnis kita tidak semakin terluka parah :

  1. Cari pasar yang baru. Jika kondisi kompetisi semakin ketat dalam bisnis ada, dan mulai menggrogoti bisnis anda, maka mencari pasar potensial di daerah lain mungkin menjadi pilihan yang tepat, dimana mungkin potensi kebutuhan akan produk anda belum tergarap secara maksimal, dan anda bisa menjual produk anda dengan harga yang lebih menguntungkan.
  2. Banchmark. Lihat bagaimana posisi harga dari produk anda dibandingakan dengan para kompetitor anda.
  3. Buat Produk anda menjadi UNIK.  keunikan dari produk anda membuat akan tidak harus melakukan kompetisi dengan para kompetitor melalui penurunan harga, karena produk anda memang tidak bisa diperbandingkan dengan level harga yang sama.
  4. Bundling produk dengan layanan. mengkombinasikan produk anda dengan layanan yang mampu memberikan value bagi pengguna produk anda bisa menjadi salah satu strategi yang inovatif.
  5. Bangun Reputasi. Reputasi atas keahlian anda akan bisa membuat konsumen mau membayar dengan harga premium untuk bisa menikmati produk ataupun layanan anda.
  6. Repackage dan Upgrade. Dengan menampilkan wajah baru dalam produk anda, maka akan mampu membuat konsumen anda melihat produk dan jasa yang anda miliki dengan cara dan sudut pandang yang berbeda.

jika kita lihat lagi dari  langkah2 diatas, maka kita bisa lihat bahwa semuanya mengarah kepada satu object yang sama yaitu “Customer”. sehinggan sebenarnya kunci sederhana untuk bisa memenangkan atau setidaknya bertahan dalam sebuah kompetisi dalam bisnis, hanya pada bagaimana kita bisa membuat pelanggan kita loyal pada produk dan jasa kita miliki.  Yang dibutuhkan oleh oleh bisnis adalah bukan hanya bicara soal pertumbuhan jumlah pelanggan yang dimiliki, namun lebih pada bagaimana menciptakan pertumbuhan loyalitas dari pelanggan yang dimiliki saat ini.

mencari pelanggan baru saat ini semakin sulit, karena tingginya tingkat kompetisi. sehinggan yang paling memungkinkan adalah kita memaksimalkan potensi yang ada pada konsumen kita saat ini dengan mentransformasi meraka dari “Regular Customer” menjadi “Loyal Customer”. Kunci utama untuk bisa menghasilkan loyalitas konsumen adalah lebih tergantung pada “nilai tambah” (diluar produk/jasa) yang bisa mereka rasakan ketika mereka menggunakan produk atau jasa yang kita miliki. Dengarkan dan pahami apa yang menjadi kebutuhan dari konsumen anda, dan bagaimana produk anda dapat memenuhi kebutuhan mereka tersebut, “that’s what you need to know”.

Mulailah untuk memposisikan bisnis anda untuk tidak lagi terjebak dalam lingkaran kompetisi harga, dan mulai melakukan langkah-langkah yang smart untuk bisa menghasilkan sustainable growth dalam bisnis anda, salah satunya adalah melalui penciptaan konsumen yang loyal. Membangun reputasi yang baik dengan melakukan Informing, Educating, Managing and Motivating pada pelanggan Anda agar mereka selalu berpikir tentang Anda dan kemudian mengarahkan mereka untuk membeli produk Anda, menjadi salah satu cara  untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

SUKSES SELALU UNTUK BISNIS ANDA

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s